Seminar Nasional “IMPLIKASI PEMINDAHAN IBU KOTA PROVINSI KALIMANTAN SELATAN TERHADAP PEMBANGUNAN REGIONAL”

Kebijakan pemindahan ibu kota Provinsi Kalimantan Selatan dari Kota Banjarmasin ke Kota Banjarbaru, menjadi isu stratageis yang dihadapi oleh pemerintah daerah provinsi Kalimantan Selatan saat ini. Pemindahan ini merupakan sebuah langkah besar yang telah di ambil oleh pemerintah provinsi dalam hal ini Gubernur, langkah ini sebagai arah pembangunan yang lebih baik dimana perkotaan menjadi sosok sentral dalam melakukan sebuah pembangunan,baik itu secara fisik maupun non fisik. Perkembangan kota yang cepat atau pesat jika tidak di rencanakan dengan baik maka akan melahirkan masalah perkotaan

Kota Banjarbaru merupakan ibukota baru Kalimantan Selatan berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2022, dengan adanya ibu kota baru harapan akan pembangunan daerah di Kalimantan Selatan lebih cepat di berbagai aspek. Hal ini merupakan tantangan yang harus dihadapi oleh pemerintahan Kota Banjabaru untuk melakukan perubahan perencanaan pembangunan diberbagai sektor atau bidang. Dengan demikian, perlunya suatu adanya sharing knowledge (berbagi pengetahuan) baik dari praktisi maupun akademisi dalam mendukung kebijakan tersebut melalui Seminar Nasional yang dilaksanakan pada hari Senin, 24 Oktober 2022 di Aula Lecture Theatre Hall FISIP Universitas Lambung Mangkurat . Adapun Kegiatan ini bertujuan untuk (a) Mengetahui strategi perencanaan pembangunan regional terhadap pemindahan ibu kota baru Provinsi Kalimantan Selatan; (b) Menemukan isu strategis dalam perencanaan pembangunan regional dari berbagai aspek bidang terhadap pemindahan ibu kota baru Provinsi Kalimantan Selatan; (c) Membantu menyelesaikan masalah berkaitan dengan perubahan perencanaan pembangunan terhadap pemindahan ibu kota baru Provinsi Kalimantan Selatan.

Seminar Nasional ini juga dihadiri oleh para narasumber yang kompeten pada bidang keilmuannya baik dari akademisi maupun praktisi. Narasumber tersebut antara lain Bapak Rahmadi yang sedang menjabat menjadi Tenaga Ahli Bidang Pembangunan Manusia di BAPPEDA Provinsi Kalimantan Selatan; Bapak Kanafi, S.I.P.,MM menjabat sebagai Kepala BAPPEDA Kota Banjarbaru; sedangkan narasumber dari akademisi adalah Bapak Dr. Syakrani, MS dosen dari Program Studi Administrasi Publik FISIP ULM.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *